BANI MENULIS DAN BERCERITA

Selamat Datang di Blog Bani Menulis dan Bercerita. "Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi". (Helvy Tiana Rosa)

Jumat, 26 Mei 2023

IGI selenggarakan Workshop Literasi Digital



Singkawang- 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan  Workshop Literasi Digital dan Launching Pekan Raya IT Tahun 2023 Se-Kalbar di taman teratai indah pada Sabtu (20/5/2023). 

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru se-kota Singkawang, dan dihadiri sejumlah narasumber diantaranya Kadis pendidikan dan kebudayaan kota Singkawang Asmadi yang diwakili oleh Kabid ketenagaan dan kependidikan Safari Hamzah.

Hadir juga diantaranya Ketua Dewan Pendidikan kota Singkawang Helmi Fauzi, narasumber Suhendra selaku editor suarakalbar.co.id, Arie Tiyawarman, Andri Suwandri selaku narasumber dari IGI. 

Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang Helmi Fauzi mengatakan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Peradaban manusia berubah dari waktu ke waktu. Teknologi telah membawa perubahan yang sangat besar bagi manusia dibandingkan dengan zaman sebelumnya. 

“Saat ini kita sudah masuk era industri 4.0, dimana teknologi memasuki hampir seluruh sektor kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan,” katanya. 

Dia memaparkan adanya revolusi industri 1.0 yang ditandai dengan adanya era kebangkitan mesin, revolusi industri 2.0 yang ditandai dengan adanya era kebangkitan transportasi atau otomasi, revolusi industri 3.0 yang ditandai dengan adanya era kebangkitan dari komputer atau komputasi, revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya era kebangkitan internet. Diperkirakan oleh negara Jepang yang mengumumkan akan kemungkinannya revolusi konsep industri 5.0 yang disebut sebagai era kebangkitan society.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang cara membuat berita kegiatan. Suhendra mengatakan bahwa guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajar, tapi juga menulis. Dengan kemampuan menulis yang baik, seorang guru dapat menyampaikan ide, gagasan, bahkan konten di media elektronik, seperti blog, sosial media atau bahkan mengirim artikel ke surat kabar online dan offline. 

Setelah materi teknologi dan menulis berita,, kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang membuat blog. Andri Suwandi hadir sebagai fasilitator, memandu para peserta untuk membuat blog sendiri secara bertahap. Mulai dari membuat blog, memberi nama blog, tagline, menulis di blog, menyisipkan gambar, dan lain sebagainya. 

Teknologi sangat membantu dunia pendidikan. Materi edugame yang disampaikan oleh Arie Tiyawarman yaitu media pembelajaran interaktif. Pendidik harus kreatif memanfaatkan segala media pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh di kelas. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif adalah wordwall. Aplikasi berbasis website ini digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, mengelompokkan, menjodohkan, dan lain sebagainya. Menariknya, edugame di wordwall bisa kita jadikan tugas di classroom atau kita kirim link tugasnya lewat whatsapp.

0 komentar:

Posting Komentar